DNAPRO

Swing Trading? Simak Tips Berikut Sebelum Ikutan

Swing Trading? Simak Tips Berikut Sebelum Ikutan

Swing Trading? Simak Tips Berikut Sebelum Ikutan - Banyak kita jumpai trader pemula yang tidak mengetahui betul strategi swing trading pada trading. Hal ini dikarenakan gaya trading jangka pendek ini mempunyai resiko yang lebih sedikit saat harga saham dalam penurunan.

Swing trading tentunya adalah istilah baru bagi para trader pemula. Tetapi tidak bagi trader yang sudah menekuni bisnis trading dalam waktu yang lama. Swing trading merupakan salah satu strategi yang digunakan untuk meraih keuntungan dalam proses trading.

Swing trading terkadang dianggap sebagai tipe strategi trading paling sulit karena tidak adanya indikator yang pasti ketika harga saham ada di bottom dan ada di puncak, kedua kondisi ini sebenarnya masih dalam imajinasi trader. Maka dari itu, ketika Kalian menggunakan swing trading ini, Kalian akan dipaksa untuk berkhayal tentang posisi saham apakah benar-benar sudah ada di posisi bottom. Jangan sampai Kalian salah berimajinasi dan mengira harga saham sudah di posisi bottom, lalu Kalian membeli banyak saham, tetapi harganya justru semakin menurun. Walaupun demikian, ada kiat-kiat yang dapat Kalian lakukan untuk meminimalisir risiko dari swing trading ini.

Jadi, apa itu sebenarnya swing trading? Seberapa berpengaruhnya strategi ini dalam meraup keuntungan? Untuk mengetahui hal ini lebih dalam, berikut penjelasan yang bisa kalian pelajari

Apa Itu Swing Trading

Swing trading adalah istilah dari strategi yang digunakan saat trading dengan memposisikan aktivitas buy dan sell di titik-titik pembalikan harga. Umumnya swing trading di aplikasikan dalam periode hari atau minggu. Swing trading dapat juga dikatakan strategi trading yang lebih muda.

Cara kerja strategi pada swing trading biasanyaa memanfaatkan momentum pasar secara besar dan mengabaikan pergerakan harga kecil. Tetapi tetap memanfaatkan analisa fundamental ataupun teknis. Swing trader, julukan untuk trader yangg menggunakan strategi swing trading menggunakann pasangan mata uang dengan range yang luas seperti EUR/USD, USD/JPY, atau GBP/US.

Disamping itu, swing trading memaksa trader untuk memonitor dua komponen dasar yang penting seperti analisa tren danstop loss.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Menggunakan Strategi Swing Trading

Setiap strategi yang digunakan di dalam dunia trading pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang didapat saat menggunakan strategi swing trading.

Kelebihan Swing Trading

- Tidak memakan banyak waktu.

- Profit lebih banyak.

- Menganalisa pasar dengan waktu yang lebih banyak.

- Trading lebihh santai.

- Meminimalisir risiko error sinyal buy yang mengakibatkan trader tergesa-gesa menjual atau membeli saham, walaupun nilai saham sedang turun.

Kekurangan Swing Trading

- Lalai terhadap tren jangka pendek karena fokus di tren menengah.

- Risiko yang cukup besar dalam penurunan harga saham.

Cara Menyusun Swing Trading dengan Memperhatikan Poin-Poin Tertentu

Dalam mengaplikasikan swing trading, trader perluu memperhatikan poin-poin penting sebelum memulainya. Poin-poin ini terdiri daristop loss, average down, resistansi dan support. Ini dia penjelasannya,

Stop Loss

Stop loss dimanfaatkan untuk membatasi kerugian akibat turunnya nilai saham hingga menghabiskan modal. Bila kalian adalah trader pemula yang memulai dengan modal yang minim, baiknya pahami betul sistem stop loss in.

Hindari Average Down

Average Down digunakan sebagai tindakan menambahkan dana pada akun agar dapat melakukan buy. Tetapi bila harga saham semakin mengalami penurunan, kerugian pun tentunya akan semakin besar. Bila situasi seperti ini terjadi sebaiknya hindari average down dan langsung jual saham kalian.

Resistansi dan Support

Eksistensi dari batas resistansi dan support dalam melakukan swing trading mempunyai peran yang terbilang penting. Saat situasi uptrend, harga saham sudah mencapai batas support, posisi buy pun akan dibuka. Sementara jika situasinya sedang downtrend, posisi sell akan dibuka saat harga saham sudah mencapai batas resistansi.

Jika kalian sudah memutuskan untuk melakukan trading yang mengacu pada analisa price action, votalitas pada pair target juga harus selalu di monitor.Hal ini bertujuan untuk mengurangi kerugian dan memaksimalkan keuntungan dengan menggunakan ranking system. Misalnya jika kalian akan melakukan swing trading selama satu hari full dengan pencapaian 100 pip per hari dengan menggolongkan persentasi pada 25%-35%, mkaa 25- 35 pip per hari tidak akan sulit untuk diraih.

Leave A Comment

  • Your fullname is required
    • Valid email is required.
    • Please,leave us a message.